KINERJA PELAYANAN PUBLIK

03 Desember 2001 - 22:45:49 | admin

 

Penulis:
Agus Dwiyanto & Bevaola Kusumasari

Penelitian:
A Comparative Research Project on Rural Public Service and Local-Level Civil Service Reforms

Rendahnya kualitas pelayanan publik di Indonesia sudah lama menjadi keluhan masyarakat. Para pengusaha mengeluhkan mengenai rumit dan mahalnya harga pelayanan, sementara masyarakat sering mengalami kesulitan untuk memperoleh akses terhadap pelayanan publik, sedangkan pelayanan publik pada hakikatnya dirancang dan diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan membangun kinerja pelayanan publik yang baik, sesungguhnya pemerintah bisa membangun hubungan yang baik dengan masyarakat dan memperluas legitimasinya di mata publik.

Sayangnya, dalam banyak hal birokrasi pemerintah gagal mewujudkan kinerja pelayanan publik yang baik. Sebagai penyelenggara pelayanan publik, birokrasi pemerintah telah gagal dalam merespon dinamika politik dan ekonomi sehingga pelayanan publik cenderung menjadi tidak efisien dan tidak responsif. Bahkan, berbagai bentuk patologi birokrasi telah berkembang dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Akibatnya, muncul banyak praktek KKN dalam penyelenggaraan pelayanan yang amat merugikan masyarakat. []

Selengkapnya, silakan unduh Policy Brief berikut: Kinerja Pelayanan Publik No. 01/PB/2001.