Prof. Dr. Sukamdi, M.Sc. Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Geografi Kependudukan UGM

28 November 2023 | media_cpps
Berita PSKK, Informasi, Main Slide, Siaran Pers

PSKK UGM – Peneliti senior Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) UGM, Prof. Dr. Sukamdi, M.Sc. dikukuhkan sebagai guru besar bidang Geografi Kependudukan, Fakultas Geografi UGM pada 16 November 2023 di Balai Senat UGM, Yogyakarta. Acara ini dibuka langsung oleh rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG(K)., Ph.D.

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Sukamdi, M.Sc. memaparkan pidato pengukuhan berjudul “Revitalisasi Kebijakan Kependudukan di Indonesia”. Prof. Sukamdi menegaskan bahwa kebijakan kependudukan di Indonesia memerlukan revitalisasi. Revitalisasi  ini bisa dilakukan dalam berbagai aspek yakni: pertama pada isi regulasi, dan aspek kedua yakni pendekatan dan sasaran kebijakan kependudukan.

Dalam aspek regulasi, menurut Prof. Sukamdi, dua produk hukum yang selama ini digunakan sebagai dasar penyusunan kebijakan kependudukan di Indonesia (Undang Undang Nomor 52 tahun 2009 dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 153 tahun 2014) perlu direvisi, disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia saat ini.

Sementara pada aspek pendekatan dan sasaran kebijakan kependudukan, menurut Prof. Sukamdi, meskipun tidak menutup kemungkinan digunakannya pendekatan yang lain, pendekatan terpadu pembangunan sumber daya manusia dapat digunakan sebagai alternatif. “Pendekatan ini perlu diintegrasikan dengan pendekatan siklus hidup dengan memperhatikan empat dimensi penduduk (diri pribadi, anggota keluarga, anggota masyarakat, dan warga negara) dalam tahap kedua, yaitu pengembangan kualitas penduduk,” ujar Prof. Dr. Sukamdi, M.Sc.

Acara pengukuhan guru besar Prof. Dr. Sukamdi, M.Sc., berlangsung hikmat dengan dihadiri segenap keluarga dan kolega termasuk jajaran pimpinan dan peneliti PSKK UGM. Prof. Sukamdi sendiri telah berkiprah menjadi peneliti di PSKK UGM selama 37 tahun dan memiliki rekam jejak penelitian yang panjang terkait kependudukan dan kebijakan terkhususnya dalam isu demografi. Ia juga telah melahirkan banyak karya ilmiah seperti buku dan artikel jurnal terkait isu kependudukan dan kebijakan di Indonesia hingga mancanegara.

Selengkapnya mengenai materi pidato pengukuhan guru besar Prof. Dr. Sukamdi, M.Sc., bisa Anda unduh pada link berikut.

 

 

 

Penulis: Nuraini Ika
Foto: Affen Irhandi