Tata Kelola Pemerintahan dan Peningkatan Kapasitas Kabupaten dan Desa di wilayah DAVs Proyek Tangguh LNG

01 Januari 2011 | admin
Project At Glance
Country Indonesia
Region Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat
Name of Client BP Indonesia
Address BP Berau, Ltd. Perkantoran Hijau Arkadia Tower C, 11 th Floor Jl.T.B.Simatupang Kav.88 Jakarta 12520 Telp.021-78549234
Duration of Assignment  3 tahun
Start Date Januari 2011
Completion Date Januari 2014
Prinsipal Investigator Dr. Setiadi
Principal Investigator (Not on the list)
Research Team Dr. Umi Listyaningsih, M.Si., Henny Ekawati, S.Sos., M.Si., Sumini, S.Si., M.Sc., Dyah Kartika, S.Si., M.Ec., Dev.
Research Team (not on the list)
Profiles of Professional Staff Provided by The Center Pakar Kependudukan, Migrasi, Antropolog

Program mentoring dalam meningkatkan kapasitas kelembagaan kabupaten/desa dilakukan di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat. Program ini dilakukan oleh PSKK UGM, bekerja sama dengan CSR BP Petroleum (BP Indonesia 2007-2011).  Kegiatan pelatihan dan pendampingan tersebut mencakup: (1) perencanaan strategis dalam Integration of Planning Program pada tingkat desa. Integrasi perencanaan ini dilakukan antara program perusahaan, program pemerintah, serta program lainnya yang telah ada sebelumnya di desa, dalam forum Musrenbang (Musrenbang, membuat RPJM Desa, dan rencana kerja tahunan desa), (2) fungsi, dan tugas aparat desa, dewan desa serta pemerintah kabupaten, (3) pemerintahan administratif, (4) perencanaan keuangan desa (anggaran desa), serta pengelolaan keuangan desa, dan kabupaten. Pada tahun-tahun berikutnya (2011-2014), kerjasama kembali dilanjutkan dengan menyelenggarakan berbagai program pelatihan dan  mentoring guna meningkatkan kapasitas pejabat kabupatan, dan desa di wilayah sekitar BP Indonesia beroperasi, yakni di Kabupaten Bintuni. Selama lebih kurang tiga tahun, program ini difokuskan untuk wilayah Distrik Babo, Distrik Sumuri, Distrik Tomu, Distrik Werigar, dan beberapa kampung yang masih di dalam administrasi maupun yang sudah berada di luar administrasi Kabupaten Bintuni.

Mengembangkan usulan proyek Kajian cepat atau rapid assessment Pelatihan Mentoring Pelaporan