Sensus dan Survei Sosial Ekonomi di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua

06 Oktober 2011 | admin
Project At Glance
Country Indonesia
Region 21 Kampung di Kabupaten Teluk Bintuni
Name of Client BP Indonesia
Address Perkantoran Hijau Arkadia Tower D.4, Jalan T.B. Simatupang kav. 88, Jakarta 12520
Duration of Assignment 6 bulan
Start Date 6 Oktober 2011
Completion Date April 2012
Prinsipal Investigator Prof. Dr. Muhadjir Darwin
Principal Investigator (Not on the list)
Research Team Dr. Pande Made Kutanegara, M.Si., Dr. Setiadi, Dr. Agus Joko Pitoyo, M.A., Novi Widyaningrum, SIP., MA., Eddy Kiswanto, S.Si., M.Si., Jevri Ardiansyah, SIP., MPA
Research Team (not on the list)
Profiles of Professional Staff Provided by The Center Pakar Kependudukan, Antropolog

Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk memperoleh data sosial ekonomi di dalam aktivitas pemantauan dan evaluasi. Data tersebut nantinya bisa digunakan sebagai indikator keberhasilan dari program-program sosial ISP British Petroleum terhadap wilayah pedesaan yang terdampak langsung (DAVs) maupun pedesaan yang tidak terdampak langsung (non DAVs) – Weriagar Mogotira, Taroy, Tofoi, Tana Merah, Saengga, Onar, Irarutu 3, Tomage, Otoweri, Tomu, Ekan, Meristem, Jahabra, Idoor, Barma, Sebyar Rejosari, Wagura, Atibo, Riendo. Selain itu, kegiatan penelitian ini juga bertujuan untuk memeroleh data yang komprehensif mengenai kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah DAVs maupun non DAVs. Data tersebut mencakup data kesehatan, pendidikan, perumahan, sosial dan budaya, konsumsi dan pendapatan rumah tangga, serta pendapat atau opini masyarakat tentang kesejahteraan rumah tangga mereka. Pada akhirnya data yang diperoleh dapat digunakan untuk perumusan indeks kesejahteraan yang merupakan modifikasi dari HDI, GEM, variabel HPI di DAVs dan non DAVs.

Aktivitas awal adalah penyusunan proposal oleh PSKK UGM dan mengirimkannya ke lembaga donor. Setelah mendapat persetujuan komitmen pendanaan, langkah selanjutnya adalah penyusunan instrumen penelitian, penyelenggaraan penelitian, analisis data dan pembuatan laporan. PSKK UGM juga menyampaikan temuan penelitian ini kepada publik sebagaimana halnya kepada lembaga donor.