Kekerasan Terhadap Perempuan

26 Juni 2012 | admin
Project At Glance
Country Indonesia
Region Medan, Ujung Pandang, Irian Jaya dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Name of Client Ford Foundation
Address S. Widojo Center Lt.11, Jl. Jendral Sudirman 71, Jakarta 12190, Phone: 62-21-2524073, Fax: 62-21-2524078
Duration of Assignment 24 bulan
Start Date Januari 1999
Completion Date Desember 2001
Prinsipal Investigator Prof. Dr. Agus Dwiyanto
Principal Investigator (Not on the list)
Research Team Prof. Dr. Muhadjir Darwin, Irwan Abdullah, Dr., Prof., Dr. Anna Marie Wattie, M.A.
Research Team (not on the list)
Profiles of Professional Staff Provided by The Center Pakar Antropologi, Kebijakan Publik, Studi Perempuan, Kesehatan Reproduksi

Penelitian ini mencakup kajian literatur termasuk content analysis, pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui survai terhadap 500 responden di masing-masing area penelitian termasuk wilayah urban dan rural. Berdasarkan hasil analisis isi media massa menunjukkan adanya dua karakteristik kekerasan terhadap wanita, yaitu kekerasan seksual dan kekerasan non-seksual. Hasil lain memperlihatkan bahwa konsep kekerasan terhadap wanita tidak hanya berdasarkan karakteristik seksualitas dan personalitas tetapi juga persoalan yang semakin kompleks dan sistematik. Pada tingkatan ini, kekerasan terhadap perempuan telah menimbulkan implikasi yang dalam karena kapitalisme dan sistem tradisi lokal juga berpengaruh terhadap posisi wanita dalam masyarakat.

Aktivitas awal adalah penyusunan proposal oleh PSKK UGM dan mengirimkannya ke lembaga donor. Setelah mendapat persetujuan komitmen pendanaan, langkah selanjutnya adalah penyusunan instrumen penelitian, penyelenggaraan penelitian, analisis data dan pembuatan laporan. PSKK UGM juga menyampaikan temuan penelitian ini kepada publik sebagaimana halnya kepada lembaga donor.