[RINGKASAN EKSEKUTIF] Hasil Pengukuran IKM Pelayanan UPIK 2014

06 Mei 2015 - 21:54:03 | admin

Salah satu bentuk partisipasi masyarakat adalah pengaduan atau keluhan masyarakat (Brewer, dalam Purwanto, 2008). Apabila dikelola dengan baik, pengaduan atau keluhan masyarakat dapat menjadi masukan yang cukup berarti bagi kebijakan dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Hal ini dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dengan mengembangkan Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan (UPIK) sejak tahun 2003. Unit ini dimaksudkan untuk mengelola keluhan, aduan, ataupun informasi lain dari masyarakat terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di Kota Yogyakarta.

Untuk mengetahui pendapat masyarakat mengenai pelayanan UPIK, Bagian Humas dan Informasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) UGM kembali melakukan pengukuran indeks kepuasan masyarakat (IKM) tahun 2014. Melalui pengukuran IKM ini, diharapkan pemkot mendapat masukan yang berarti dalam memperbaiki pelayanan publik kepada masyarakat, dalam hal ini adalah pelayanan UPIK. Perbaikan pelayanan UPIK ini akan berimplikasi pada perbaikan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di Kota Yogyakarta.

Selengkapnya, silakan unduh file pdf “RINGKASAN EKSEKUTIF: Hasil Pengukuran IKM Pelayanan UPIK 2014” di bawah ini: