Manajemen Survei Kontemporer

17 Juli 2017 - 13:43:49 | admin

Penelitian survei merupakan perangkat penelitian yang murah dan cepat sehingga informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan secara akurat dan tepat waktu. Pengumpulan data dan informasi dengan metode survei ini dapat memberikan gambaran kondisi populasi yang besar menggunakan sampel yang relatif kecil. Populasi tersebut dapat langsung berhubungan dengan penduduk, instansi, lembaga, organisasi, dan unit-unit kemasyarakatan, tetapi sumber utama informasi terletak pada pelaku atau orang. Banyak lembaga saat ini yang mengandalkan penelitian survei untuk berbagai tujuan. Survei dapat membantu memahami preferensi konsumen tentang produk tertentu, mengukur kepuasan karyawan, mengidentifikasi peluang pasar, serta melakukan monitoring dan evaluasi program.

Survei juga merupakan sebuah proses yang harus melalui banyak tahapan dengan protokol yang jelas pada setiap tahapannya. Agar mendapatkan hasil yang dapat diandalkan dari penelitian survei, maka perlu adanya perencanaan penelitian survei, mengumpulkan data, akses dan mengelola data dengan mudah, serta laporan hasil yang relevan. Penelitian survei dapat dikatakan berhasil jika hasilnya dapat digunakan oleh para pengambil keputusan untuk melahirkan sebuah kebijakan. Beberapa bidang yang dapat memanfaatkan penelitian survei adalah pengukuran tingkat kepuasan, sensus profil pelanggan/karyawan, menilai efektivitas program, dan mengetahui keluhan pelanggan.

Penulis Agus Joko Pitoyo, Eddy Kiswanto, Pande Made Kutanegara, Sumini
Judul Manajemen Survei Kontemporer
Tahun Publikasi 2017
Bahasa Bahasa Indonesia
ISBN 978-602-3092-78-9
Penerbit Indie Book Corner
Kata Kunci Paradigma penelitian, penelitian survei, panduan survei