Kajian Migrasi Internasional Dan Pembangunan

26 June 2012 | admin
Project At Glance
Country Indonesia
Region Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat
Name of Client URGE DIKTI – Depdikbud RI
Address DIKTI Gedung C, Lantai 18 Depdikbud, Jalan Raya Jendral Sudirman, Senayan, Jakarta 16270
Duration of Assignment 13 bulan
Start Date Februari 1997
Completion Date Maret 1998
Prinsipal Investigator Prof. Dr. Agus Dwiyanto
Principal Investigator (Not on the list)
Research Team Dr. Setiadi, Dra. Wini Tamtiari, M.Si.
Research Team (not on the list)
Profiles of Professional Staff Provided by The Center Pakar Kebijakan Publik, Migrasi, Urbanisasi, Kependudukan, dan Ketenagakerjaan

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah memilih secara acak sebanyak 720 responden, yang terdiri dari 355 migran kembali di Nusa Tenggara Barat dan 365 responden di Nusa Tenggara Timur. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa sebagian besar para migran yang memutuskan kembali ke Malaysia adalah berasal dari Nusa Tenggara Timur. Karakteristik para migran tersebut terutama adalah berusia kurang dari 38 tahun, lajang, memiliki pengalaman, dan ketrampilan. Faktor lainnya yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan kembali ke Malaysia adalah kemudahan akses, kenyamanan bekerja, dan penyesuaian yang baik.

Aktivitas awal adalah penyusunan proposal oleh PSKK UGM dan mengirimkannya ke lembaga donor. Setelah mendapat persetujuan komitmen pendanaan, langkah selanjutnya adalah penyusunan instrumen penelitian, penyelenggaraan penelitian, analisis data dan pembuatan laporan. PSKK UGM juga menyampaikan temuan penelitian ini kepada publik sebagaimana halnya kepada lembaga donor.