Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Utilitas di Kota Yogyakarta
|Project At Glance
Country | Indonesia |
---|---|
Region | Kota Yogyakarta |
Name of Client | Bagian Organisasi, Pemerintah Kota Yogyakarta |
Address | Pemkot Yogyakarta Jl. Kenari, Komplek Balaikota, Yogyakarta |
Duration of Assignment | 6 bulan |
Start Date | Maret 2013 |
Completion Date | Agustus 2013 |
Prinsipal Investigator | Dr. Agus Heruanto Hadna, M.Si. |
Principal Investigator (Not on the list) | |
Research Team | Triyastuti Setianingrum, SIP., M.Sc., Sumini, S.Si., M.Sc., Yam'ah Tsalatsa Abritaningrum, S.IP, M.P.A. |
Research Team (not on the list) | |
Profiles of Professional Staff Provided by The Center | Pakar Kebijakan Publik, Pakar Kependudukan, Pakar Ilmu Pemerintahan |
Latest Research
Program Pengembangan Jejaring Riset Internasional Menuju Pencapaian SDGs (Sustainable Develoment Goals) Melalui Percepatan Pendirian Joint Academy, Twin Center dan/atau UNESCO Chair Tahun 2021
Kegiatan ini bertujuan untuk (1) Memperkuat kegiatan penelitian lintas disiplin…
14 Januari 2022 - 13:18:20Penyusunan Buku: 51 Tahun BKKBN bermitra Internasional
PSKK UGM bekerja sama dengan BKKBN Pusat dalam menyusun buku…
14 Januari 2022 - 13:14:36Kajian Sustainable Development Goals (SDGs) Kota Bontang 2021
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menilai kinerja Kota Bontang dalam…
14 Januari 2022 - 13:14:34Survei Indeks Kepuasan Pelanggan Eksternal Tahun 2021
Penelitian ini bertujuan untuk: (a) memberikan gambaran atau deskripsi kondisi…
14 Januari 2022 - 13:12:22Survei Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja Pemerintah Kota Yogyakarta
Survei persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Kota Yogyakarta ini bertujuan…
14 Januari 2022 - 11:58:12Women’s Role in Family Survival amidst the COVID-19 Pandemic
Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama yaitu: (a) memahami masalah…
14 Januari 2022 - 11:54:54Survei Indeks Kepuasan Pelanggan Eksternal 2020
Survei Indeks Kepuasan Pelanggan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kondisi…
14 Januari 2022 - 11:45:09Pelayanan publik adalah salah satu isu penting sekaligus tujuan dari penyelenggaraan pemerintahan. Bagaimana pemerintah menyediakan pelayanan publik adalah tolok ukur atas kinerja pemerintah. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) merupakan salah satu instrumen dalam perbaikan atau reformasi birokrasi. Melalui Keputusan Menpan No. 25/KEP/ M.PAN/2/2004, Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Pelayanan Publik di Instansi Pemerintah. Ada 14 indikator untuk mengukur kinerja pemerintahan, antara lain prosedur pelayanan, persyaratan layanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan layanan personil, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas pelayanan, kewajaran biaya pelayanan, dan sebagainya. PSKK UGM bekerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk melaksanakan survei IKM Utilitas dengan 10 unit layanan. Survei ini mencakup beberapa perangkat daerah, dan unit tugas Pemerintah Kota Yogyakarta seperti Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Penanggulangan Kebakaran Bencana dan Perlindungan Masyarakat, Dinas Ketertiban, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Lembaga Anak "Wiloso Projo", Panti Jompo "Budi Darma", dan Perusahaan Daerah Air Minum "Tirtamarta".