Center for Population and Policy Studies

Center for Population and Policy Studies

Universitas Gadjah Mada

Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada kini menginjak usia 41 tahun. Keberadaan lembaga riset yang lahir pada 1 April 1973 ini memang tidak pernah bisa dipisahkan dari sosok kepemimpinan Prof. Masri Singarimbun. Pak Masri, begitu beliau  akrab disapa, dikenal sebagai sosok yang tegas serta disiplin. Namun, di balik pribadi yang dinilai keras tersebut, beliau sangat memerhatikan setiap staf dan karyawan di kantor.

Demikian testimoni yang disampaikan oleh Pande Made Kutanegara, Wakil Direktur PSKK UGM Bidang Administrasi Umum saat peringatan HUT 41 Tahun PSKK UGM, Selasa (1/4) lalu. Ada begitu banyak cerita, kesan, bahkan pelajaran yang bisa dipetik dari sosok Masri Singarimbun, maupun pemimpin PSKK UGM terdahulu.

Peringatan 41 Tahun PSKK UGM kali ini ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Dr. Agus Heruanto Hadna, didampingi oleh Pande Made Kutanegara, dan Umi Listyaningsih. Potongan nasi tumpeng pertama diserahkan kepada istri dari Alm. Prof. Masri Singarimbun, yakni Irawati Singarimbun. Acara peringatan juga diisi dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba badminton, pemenang doorprize, kemudian dilanjut dengan makan siang bersama.